Saturday, December 15, 2018

intel Core i5-2400 CAM IDLE Temperature VS Thermal Paste Abal-Abal feat. nVidia Geforce GT 1030

Saya merasa heran ketika melihat suhu idle intel Core i5-2400 pada BIOS yang memiliki nilai "CPU Temperature (DTS) : 75". Yang menurut saya terlalu panas untuk sebuah prosessor yg sedang idle atau tidak digunakan. Akhirnya saya mencoba menggunakan software bernama "CAM : Free PC Monitoring Software".


untuk sementara procie intel Core i5-2400 ini masih menggunakan Thermal paste abal-abal, HUTIXI Thermal Grease HT-GY260. Dalam waktu dekat ini saya berencana membeli Pasta yang bermerk. Kemungkinan dari produsen Deep Cool.


Nilai suhu idle intel Core i5-2400 ini antara 36 - 44°C. Ada yang menarik jika dibandingkan dengan suhu idle dari GPU nVidia Geforce GT 1030. Ternyata suhu idle VGA Card Geforce GT 1030 ini lebih dingin daripada suhu idle intel Core i5-2400. Dimana suhu idle GT1030 hanya berkisar 33 - 35°C saja. Sedangkan suhu idle maximal dari Core i5-2400 ini menembus angka 44°C wow 9 derajat lebih panas. Saya penasaran apakah nanti ketika menggunakan thermal paste lain akan bisa menurunkan suhu idle Core i5-2400 sehigga lebih rendah daripada GT1030?

3 comments:

  1. iyalah gt 1030 pasti lebih dingin daripada i5 2400 udah keliatan dari teknologi fabrikasinya gt 1030 yang kebil baru sehingga lebih rendah daya dan lebih dingin.

    ReplyDelete
  2. Apapun kondisi idlenya, yang namnya idle cpu pasti ada Load processingnya dan jauh lebih berat dari pada load GPU karna yg namnya idle gambar g gerak tapi program&os tetap beroperasi. Lagian gt1030 Fabrikasinya lebih kecil jadi arus listrik mengalir ke die lebih bagus, di tambah karna Fabrikasinya yg kecil pasti ukuran dienya juga kecil pasti area panasnya makin berkurang. Itu sebabnya bro kenapa GPU lu lebih adem dari pada CPU lu, btw gw g yakin nyebut barang abal2 klo emng udh ad sertifikatnya tp klo emng d bilng jelek emng spesifikasi thermal paste gy260 itu busuk 🤮

    ReplyDelete