Friday, December 7, 2018

Thermal Paste Abal Abal: HUTIXI Thermal Grease HT-GY260


Beberapa bulan yang lalu entah atau mungkin satu tahun yang lalu saya kehabisan pasta prosessor. Karena maklum kadang ada temen dan sodara pinjem ato minta dikit eh malah gak dibalikin. Terakhir kali saya beli kalo gak salah yang merek Cooler Master. Kurang lebih gambarnya seperti dibawah ini:

Namun, ketika itu saya minta pesenin sama kerabat yg kerja di kota untuk dibeliin thermal paste maklum karena saya tinggal di desa. Namun setelah sampai saya kaget karena yang saya dapatkan malah thermal paste yang bentuknya beda dengan yang saya pernah beli. Jika dulu, thermal paste yang pernah saya beli bentuknya dikemas semacam suntikan, nah yang ini bentuknya dikemas seperti sebuah balsem, wkwkwkwk.


Saya pernah denger sih yang seperti ini katanya thermal paste abal-abal. Ah tapi saya pikir untuk coba memakainya saja, lha daripada procie saya gak pake pasta sama sekali. Waktu itu saya gak terlalu peduli sih sama temperatur atau suhu prosessor, jadi asal PC nyala dan bisa digunakan normal dan tidak mati sendiri berararti oke-oke aja. Biasanya PC kalo sudah sering mati sendiri itu tanda-tandanya procie nya terlalu panas, dan harus dibersihin debu dan diganti pasta-nya begitu sepengalaman saya. Namun setelah setahunan ini saya sudah agak sering cek-cek suhu prosessor, mungkin karena saya beberapa bulan yang lalu baru beli procie Core i5 yang buat saya itu adalah prosessor yang mewah dan mahal harganya, jadi saya takut procie tersebut cepat rusak.


Pasta berbentuk balsem ini mereknya HUTIXI dan ada tulisan Thermal Grease. Juga ada kode produknya: HT-GY260
ada juga informasi yang tertulis seperti:
 Thermal Conductivity: > 1.2W/m-K
 Thermal Impedance: < 0.211°C-in²/W

Di bagian paling bawah tertulis: The Products have been authorized by ROHS/PFOS/REACH Made in China



Seperti apakah kondisi temperatur/suhu beberapa procie setelah saya menggunakan pasta balsam ini:
AMD A8-3870 BIOS IDLE Temperature VS Thermal Paste Abal-Abal
AMD A8-5600K BIOS IDLE Temperature VS Thermal Paste Abal-Abal
intel Core i5-2400 BIOS IDLE Temperature VS Thermal Paste Abal-Abal
intel Core i5-2400 CAM IDLE Temperature VS Thermal Paste Abal-Abal

Gambar:
 http://blintzar.com/image/cache/data/Lain%20-%20Lain/Thermal%20Cooler%20Master%20V1%20Ic%20Value_2-500x500.jpg
 https://jualbeli.mysenaraiharga.org/bestsellers/1050/product/img/7926707303/w-700/Pasta_Processor___Thermal_paste.jpg

No comments:

Post a Comment