Wednesday, May 24, 2017

Game Ngabuburit Puasa Bulan Ramadhan: Civilization V


Tinggal beberapa hari lagi kita akan menghadapi bulan Ramadhan. Kali ini saya akan berbagi game favorit pilihan saya untuk menemani ngabuburit di bulan Ramadhan. Game ini bernama Sid Meier's Civilization V. Game ini dirilis pada tahun 2010 silam dan malahan telah memiliki sekuelnya yaitu Sid Meier's Civilization VI. Namun dengan berbagai alasan ternyata masih banyak yang suka dan masih bermain seri ke-5 nya daripada move-on ke game sekuelnya yang ke-6 itu termasuk saya, hehehe.

Alasan saya masih bermain Civilization 5 adalah salah satunya karena belum mampu untuk membeli game seri ke-6 nya yang harganya masih mahal untuk gamer berbudget tipis seperti saya, hahaha. Harganya beda jauh lah, Civilization 5 bisa kita dapatkan dengan harga cuma 50 ribuan sedangkan untuk game Civilization 6 kita harus menyiapkan dana setidaknya sekitar 400-600 ribu rupiah, yap bener bangets 10x lipat bro, ruarrr binasa! Bisa-bisa saya kaga bisa lebaran dah, hahahaha.


Jika melihat statistik di situs Steam, ternyata gamers yang memainkan Civilization 5 masih jauh diatas Civilization 6. Game ini bergenre Turn-Based Strategy. Tidak seperti DOTA, game ini dapat dimainkan dengan santai tidak ada tuntutan untuk berfikir atau mengambil keputusan secara cepat. Di Game ini kita dapat melakukan save kapanpun, jadi kalo kita ada keperluan mendadak, misal ada tamu, disuruh orang tua, dan sebagainya kita bisa dengan leluasa meninggalkan/mengabaikan game ini terlebih dahulu atau istilahnya AFK (Away From Keyboard). Game ini juga cukup ringan untuk dijalankan di kebanyakan PC atau Laptop saat ini. Dengan harga cuma 50 rebu perak (saat diskon) game ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menemani kita di bulan Ramadhan.

Sebetulnya saya sudah lama memiliki game ini di library steam saya, namun jarang saya mainkan. Baru sekitar setahun lalu saya mencoba-coba game ini saat bulan puasa tahun 2016 saat koneksi internet Telkom speedy saya sudah mulai lemot dan tidak mendukung game-game online berat seperti DOTA, yang selalu minta update setiap hari. Cape Deh, hadeuuhhhh.

Belajar Bermain Civilization 5
Untuk pemula biasanya kebingungan ketika mencoba memainkan game ini. Sebetulnya di game ini sudah disediakan tutorial dan panduannya. Bagi gamers yang malas belajar dan membaca apalagi dengan Bahasa Inggris ini menjadi tembok yang menghalangi dalam menikmati game yang keren ini. Untuk itu saya akan share step by step bagaimana caranya bermain Civilization untuk pemula.

No comments:

Post a Comment