Saturday, October 7, 2017

PES 2018 APPCRASH ERROR (Pro Evolution Soccer 2018 has stopped working)

Beberapa hari yang lalu saya mencoba test game Pro Evolution Soccer 2018 di berbagai PC. Untuk mengetahui seberat apakah game ini jika dijalankan di PC-PC yang sudah cukup tua. Pertama kali mencoba adalah di PC dengan CPU Intel Core i3-2100 dan RAM 4 GB. Game ini dapat dijalankan dengan normal, namun pada 3 PC berikutnya yaitu AMD A4-5300 APU game ini mengalami CRASH, awalnya saya mengira ini karena CPU-nya sudah sangat jauh dibawah standar minimum karena masih dual-core murni, tidak seperti core i3 yang sudah memiliki 4 thread walaupun masih dual-core.

Namun saya merasa keget setelah saya tes menggunakan cpu Quad-Core AMD A8-3870 ternyata game ini mengalami error/crash yang sama seperti yang terjadi pada PC sebelumnya.


Seperti nya ada sesuatu yang salah. Sepengalaman saya sih kalo ada error kayak gini biasanya ada software pendukung yang harus di-install, mungkin DirectX, Visual Studio atau Visual C+ Redistributable.NET Framework, Windows Update (KBxxxxxxx), PhysX, Java, OpenAL, dan beberapa software lain tergantung dari gamenya juga.

Setelah mencari info kesana kemari, saya sudah mencoba 2 percobaan yaitu menginstall Microsoft .NET Framework 4.6 dan menginstall ulang Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2015. namun hasilnya masih error.

Karena penasaran saya coba lihat daftar software yang terinstall pada PC pertama yg pake Core i3 yang dapat menjalankan game ini:


Saya menemukan bahwa pada PC yang dapat menjalankan PES 2018 ternyata sudah terpasang update KB2670838. Sedangkan pada 3 PC lain yang saya coba, update KB2670838 ini belum terinstall. Ya sudalah akhirnya saya download deh file yang bernama Windows6.1-KB2670838-x64.msu ini dari situs resmi Microsoft. Dan hasilnya PES 2018 dapat dijalankan tanpa muncul error APPCRASH lagi. Alhamdulillah.

saya mengunduh file Windows6.1-KB2670838-x64.msu ini dari link berikut:
https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=36805&751be11f-ede8-5a0c-058c-2ee190a24fa6=True


Baca Juga:
Render Settings PES 2018 PC - Fitur Baru yang Belum Pernah Ada di Seri Pro Evolution Soccer Sebelumnya

28 comments:

  1. saya sudah update tp kok blm bisa ya mas

    ReplyDelete
  2. apakah itu bekerja di windows 10?

    ReplyDelete
  3. WORK !!! Thanks Gan....lanjay setelah update windowsnya....

    ReplyDelete
  4. itu di simpan d mna gan?
    yang file download nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijalankan/di-install gan! Simpan dimana aja bebas, kalo udah install file nya dihapus juga gpp

      Delete
  5. Kok ga bisa instal sih mas
    Minta solusinya dong

    ReplyDelete
  6. ko mah tetep..
    saya pke core 2 quad q8200 @2,33Ghz
    ram 8Gb, Vga 1gb

    ReplyDelete
  7. Naroh filenya di mana min?
    Gaptek nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebas, langsung install/jalankan filenya. Kayak buka file APK kalo di hape

      Delete
  8. Hbs direstart malah gak bs masuk ke os
    Sy pakai windowsn7

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin update-nya gagal. Coba install ulang windows + update lagi

      Delete
  9. Min ,pc pc saya pake ryzen 5 2400g ram 8gb tapi di settingan pesnya spek 7 gb,kalo dibuka pas loading start match muncul peringatan "pes 2018 has stop working" dan gamenya kelua. Tolong solusinya min..

    Oo iya saya pake windows 10

    ReplyDelete
  10. Sama
    Unknown3 September 2018 08.15
    Min ,pc pc saya pake ryzen 5 2400g ram 8gb tapi di settingan pesnya spek 7 gb,kalo dibuka pas loading start match muncul peringatan "pes 2018 has stop working" dan gamenya kelua. Tolong solusinya min..

    Oo iya saya pake windows 10

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba install ulang pes2018-nya ato mungkin install ulang windows-nya. Harusnya sih ryzen mah bisa apalagi ram 8 gb. Cuman VGA nya pake apa?

      Delete
  11. Nanti saya coba gank...saya juga sudah coba apk yg lain namun blum juga brhasil...maaf gank to cuma di instal ja ea

    ReplyDelete
  12. Kenapa ya pas di restar . Pas mau nyala lagi gak tampil

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gimana? pas jalanin pes2018 layar berubah jadi hitam?

      Delete
  13. Akhirnya bisa gan thank you so much bro

    ReplyDelete
  14. MUANTABS WORK IT. TERIMAKASIH Om.

    ReplyDelete