Saturday, August 20, 2016

Mencoba Kencur untuk Mengobati GERD / Maag / Asam Lambung Naik

Sakit Asam lambung saya ini lama sembuhnya. Setelah sembuh sering kambuh lagi. Yang paling tidak enak adalah ketika bangun tidur, mulut sering terasa pahit, selain itu kalo sudah parah mata sering kedutan refleks. Paling gak enak kalo lagi sujud ketika sholat, reflek kedutan mata sering terjadi ketika sujud tapi setelah bangkit, duduk atau berdiri kedutan menjadi berkurang bahkan jarang atau tidak sama sekali. Sepertinya penyakit asam lambung ini bisa mempengaruhi saraf mata, bibir, pipi atau wajah.

Untuk mengatasi sakit asam lambung yang kambuh ini, beberapa langkah saya sudah lakukan
1. Berhenti mengkonsumsi Kopi, dulu kopi-kopian adalah minuman favorit saya. Saya sering minum kopi capucino, white coffee, moccacino + susu, kopi vanila dll keculi kopi hitam saya gak terlalu suka.
2. Sering minum air putih, tapi katanya sih kalo terlalu banyak minum air justru dapat merangsang asam lambung berlebih. Terutama setelah makan kini saya hanya sedikit minum air, paling setengah gelas atau paling banyak satu gelas saja. Tapi saya sekarang usahain setengah gelas dulu, baru setelah satu jam boleh minum satu atau dua gelas lagi
3. Berhenti makan gorengan, seperti bala-bala, gehu, tempe goreng tepung, cireng. Padahal Gehu, cireng isi dan tempe goreng tepung adalah makanan kesukaan saya. Ah tapi demi kesehatan saya harus berusaha berkorban. Gorengan terlalu banyak mengandung minyak kurang sehat untuk lambung.
4. Berhenti makan kue serabi (sunda: surabi) dan sambal oncom/kacang. Ini adalah salah satu makanan favorit saya. Rasanya nikmat apalagi kalo makannya pagi-pagi dan masih hangat. Pada kue serabi terkandung kelapa dan menghasilkan minyak begitu pula sambal oncom atau kacang. Kacang-kacangan juga bisa menghasilkan semacam minyak yang kurang baik untuk lambung.
5. Berhenti makan baso-tahu/siomay atau batagor, ini juga favorit saya yang bumbunya yang terbuat dari kacang apalagi batagor banyak minyaknya karena digoreng. Tapi khusus siomay/baso tahu yang dikukus kayaknya masih OK asal tanpa bumbu kacang-nya
6. Berhenti makan pecel lele. Makanan favorit, sambal pecelnya pedas kurang baik untuk lambung dan lelenya digoreng, jadi akan banyak mengandung minyak.
7. Berhenti makan lotek, gado-gado, karedok, kupat tahu, dll ini juga makanan kesukaan saya. Makanan ini pedas dan bumbunya terbuat dari kacang-kacangan.

Sebelum bulan puasa saya coba mengobati dengan air kunyit hangat + gula merah, alhamdulillah pada bulan ramadhan sampe beberapa minggu setelah lebaran saya sehat. Namun beberapa minggu ini asam lambung saya kumat lagi. Kali ini saya ingin mencoba pengobatan dengan tanaman kencur, atau orang sunda menyebutnya cikur.


Sama seperti kunyit dan jahe. Kencur mudah didapatkan di pasar atau di tukang sayur keliling atau bahkan kita dapat menanamnya sendiri di halaman rumah atau pada pot. Yah itung-itung tanaman hias yang ada manfaaatnya.

Cara mengkonsumsi yang saya lakukan adalah dengan mengunyahnya secara langsung kemudian minum air hangat atau merebusnya dengan air sampai mendidih lalu meminumnya setelah hangat. Ini sebaiknya dilakukan saat bangun tidur atau saat perut masih kosong atau sekitar satu jam sebelum makan.

Cara pertama yaitu dengan mengunyah kencur adalah cara yang paling mudah dan simple. Tapi cara ini agak horror dan ekstrim karena mengunyah kencur ini ternyata lumayan pedas dan membuat lidah enggak enak ketika mengunyahnya. Jangan lupa mencuci kencur sebelum memakan/mengunyahnya dan disarankan untuk mengupas kulitnya terlebih dahulu agar bersih. Setelah dikunyah kita dapat menelan air sari kencurnya saja dan membuang ampasnya atau ada juga sumber yang mengatakan kita dapat menelan bersama ampasnya setelah dikunyah sampai halus. Kalo saya sih milih ditelan aja supaya lebih banyak sari-sari kencur yang dicerna oleh lambung.

Bagi yang takut mengunyah kencur disarankan memilih cara kedua yaitu dengan merebusnya dengan air hingga mendidih. Sebelumnya kencur dicuci dan disarankan dikupas dulu kulitnya supaya bersih, setelah itu kencur dipotong-potong atau diris-iris dengan pisau, atau cukup memukul-mukulnya sampai gepeng dengan benda tumpul seperti sendok atau ulekan (sunda: mutu).

Salah satu khasiat kencur lainnya adalah:
- Mengobati batuk
- Mengobati sariawan
- Mengobati diare
- Mengobati radang lambung
- Mengobati mules pada perut
- Menambah nafsu makan
- Anti Kanker
- Anti Oksidan
- dll


Sumber:
Menyembuhkan Maag/GERD dengan Kencur | Nina Evawaty
Mengatasi Asam Lambung Berlebih
27 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan
- Kaempferia galanga - Wikipedia, the free encyclopedia

3 comments:

  1. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    http://goldengamatemasmitoha.com/

    ReplyDelete
  2. Ibuk sakit mengalami sakit asam lambung dan jantung bengkak karena peredaran darah tidak lancar..infonya cara pengobatannya secara herbal

    ReplyDelete
  3. saya juga sama.. sedang mengkonsumsi kencur untuk asam lambung saya...

    ReplyDelete