Wednesday, August 14, 2019

Ubah RPP Metode Pembelajaran SING A SONG Cara Mengajar Bahasa Inggris SD Kelas 6

Kegiatan pembelajaran dengan metode yang sama dalam waktu cukup lama akan menyebabkan kebosanan. Ini merupakan efek negatif yang harus segera ditangani karena dikhawatirkan akan menyebabkan situasi yang tidak kondusif dalam kegiatan belajar mengajar.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Metode yang sering saya gunakan dalam mengajar adalah metode MATCHING atau menjodohkan kata per kata atau kalimat per kalimat. Penjelasan tentang metode MATCHING ini dapat dilihat pada postingan saya sebelumnya yang berjudul:
RPP Metode MATCHING WORD BY WORD mempermudah Mengajar Pembelajaran Bahasa Inggris SD (Sekolah Dasar)
Selain metode MATCHING saya juga sering menggunakan cara mengajar atau metode REWRITING. Bahkan keduanya pun bisa dipadukan satu sama lain dan saling mendukung dan menguatkan. Biasanya saya menggunakan metode REWRITING ini saat menugaskan PR atau Pekerjaan Rumah. Harapannya agar murid bisa belajar dan menghafal dirumahnya masing-masing. Adapun cara mengajar dengan menggunakan metode RE-WRITING dapat dilihat pada artikel yang berjudul:
RPP Metode RE-WRITING Paling Mudah Mengajar Pembelajaran Bahasa Inggris SD
Namun terlalu sering memberikan PR kepada siswa, sepengalaman saya beberapa siswa merasa bosan dan tidak nyaman. Ada beberapa siswa yang absen pada jam pelajaran Bahasa Inggris karena tidak mengerjakan PR dan takut diberikan hukuman oleh guru. Jadi menurut saya memberikan PR cukup sesekali saja, mungkin sebulan sekali kali yah, atau paling mepet dua minggu sekali.

Untuk mengembangkan metode pembelajaran yang baru saya harus mencari banyak referensi. Jika menggunakan google dengan kata kunci: "bahasa inggris kelas 6 sd" maka muncul link-link seperti dibawah ini:


Hasil pencarisan teratas di tempati oleh halaman berjudul: Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 6 SD. Lalu peringkat kedua: Materi Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 6 SD. Setelah saya amati ternyata kedua halaman tersebut memuat isi yang hampir sama persis. Bahwa, materi pelajaran Bahasa Inggris Kelas 6 SD adalah sebagai berikut:

SEMESTER 1
1. Directions and Locations (Arah dan Letak)
2. Holiday (Hari Libur)
3. Describing People and Objects (Menggambarkan orang dan Objek)
4. Shopping (Berbelanja)
5. Ownership (Kepemilikan)
6. Folk Tales (Dongeng)

SEMESTER 2
7. Government ( Pemerintahan)
8. Order and Request (Perintah dan Permintaan)
9. Health and Hospital (Kesehatan dan Rumah Sakit)
10. Earth and Planets (Bumi dan Planet)
11. Feeling (Perasaan)
12. Tourism (Pariwisata)

Selama ini saya tidak terlalu memperhatikan standar materi seperti apa yang harus diberikan pada pelajar di Sekolah Dasar. Apakah materi diatas sudah merupakan standar baku nasional. Ataukah setiap guru bebas membuat rumusan materi sendiri. Karena selama beberapa tahun belakangan ini saya mengajar berdasarkan apa yang diujikan dalam naskah ujian, seperti soal-soal UTS, UAS, UKK dan sebagainya. Namun mengikuti materi naskah ujian yang tidak saya buat sendiri adalah pekerjaan yang menyebalkan dan membosankan. Karena saya tidak bisa bebas membuat dan mengembangkan metode pembelajaran saya sendiri. Maklum saya adalah seorang guru yang tidak jelas status dan predikatnya, ada yang bilang guru honorer, bisa juga dibilang guru sukwan atau sukarelawan yang bekerja secara sukarela tanpa mengharapkan imbalan, ya ya ya. Jangankan mengharapkan imbalan materil, dukungan secara moril dan penghargaan berupa support atau ucapan terima kasih saja rasanya jarang saya dapatkan kecuali sekedar ucapan salam dan penghormatan dari anak didik. Pengembangan RPP dan metode mengajar pun jarang ditanyakan, apalagi dibina dan didukung. Akhirnya saya hanya bisa mengembangkan pembelajaran sebisa saya sendiri dengan segala keterbatasan.

Pada dasarnya saya ingin mengembangkan metode mengajar yang mudah dan menyenangkan. Maksudnya mudah bagi guru untuk mengeksekusinya dan menyenangkan bagi murid. Ada beberapa metode pembelajaran yang cukup menyenangkan yang pernah saya lakukan, misalnya metode GAMES (Permainan) dan SING A SONG atau menyanyikan sebuah lagu. Namun metode ini jarang saya pakai karena ada beberapa kelemahan, seperti merepotkan saya dalam mengajar maupun saat membuat rancangan pembelajaran. Contohnya metode SING A SONG membutuhkan perencanaan dan perancangan yang cukup lama karena lagu juga harus disesuaikan dengan "dunia" murid sehingga guru harus mengubah liriknya, mengubah beberapa kata atau kalimat yang sulit dibayangkan, diterjemahkan, diucapkan atau sulit dihafal.

Tapi jika ditekuni saya pikir kedepannya murid dapat belajar secara mandiri, apalagi saya bukan guru profesional. Kadang saya tidak memiliki banyak waktu untuk mengasuh murid karena harus mencari nafkah untuk keluarga. Saya berharap murid bisa bermain sambil belajar, bernyanyi menyenangkan sambil belajar Bahasa Inggris dan bisa dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas bahkan bisa dilakukan di luar sekolah atau di rumah.

Supaya nyambung dengan materi. Lirik lagu tentunya harus mengandung kata-kata atau kalimat yang sesuai dengan rumusan materi. Misalnya kali ini saya ingin membuat materi dengan topik Directions and Locations. Langkah pertama yang saya lakukan adalah mencari soal-soal UTS Semester I yang sesuai dengan topik tersebut, misalnya:

1. What is the person who works in the hospital?
    A. teacher   B. policeman   C. doctor    D. farmer

2. Farmer is a person who works in the field

3. There are many planes in the ...
    A. station    B. air port    C. museum    D. market

4. Where is the capital city of west Java Province?
    A. Bandung    B. Jakarta    C. Surabaya    D. Semarang

Beberapa link soal UTS Semester I Kelas 6 SD:
https://www.jagoanbahasainggris.com/2017/09/soal-uts-bahasa-inggris-sd-kelas-6-semester-ganjil.html
https://www.juraganles.com/2016/09/soal-uts-bahasa-inggris-kelas-6-semester-1-plus-kunci-jawaban.html
5. A place to study and teach is ....
    A. Market
    B. School
    C. Bank
    D. Hospital

6. A place for saving money is ....
    A. Market
    B. School
    C. Bank
    D. Hospital

Dari beberapa contoh soal diatas saya akan membuat lirik sebuah lagu.
Irama Lagu yang akan saya coba gunakan adalah lagu Bangun Pagi

Satu dua, tiga empat
if the teachers work in a school

Lima Enam, tujuh delapan
guru kerja di sekolah

siapa rajin kesekolah
students study diligently

cari ilmu sampai dapat
murid blajar dengan rajin

========================

sungguh senang amat senang
if the farmer work in the field

bangun pagi pagi sungguh senang
petani kerja di sawah ladang

========================

sungguh senang amat senang
doctor works in the hospital

bangun pagi pagi sungguh senang
dokter kerjanya di rumah sakit


Adapun kelemahan metode SING A SONG ini adalah kuantitas materi yang disampaikannya sedikit. Sehingga kadang membuat saya khawatir banyak materi yang tidak tersampaikan nantinya. Ah tapi saya pikir terlalu banyak materi pun juga akan membuat murid capek, bosan, dan tidak memiliki passion dalam belajar. Jadi untuk tahun ini saya akan mencoba lebih sering menggunakan metode ini.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

No comments:

Post a Comment