Friday, October 13, 2017

NFS Need for Speed: SHIFT - OFFLINE Multiplayer LAN (Local Area Network)

Bulan September yang lalu, Game Racing Project CARS 2 dirilis. Karena game ini di kembangkan oleh Slightly Mad Studios, developer yang juga mengembangkan game Need for Speed: Shift. Saya jadi teringat kembali masa-masa indah bersama NFS: SHIFT pertama.

Need for Speed SHIFT yang dirilis pada tahun 2009 silam (8 tahun lalu) memiliki fitur yang menarik yang mungkin jarang atau tidak dimiliki oleh game-game racing keluaran terbaru. NFS SHIFT memiliki fitur Multiplayer ONLINE maupun Multiplayer OFFLINE / LAN (Local Area Network).


Yang saya amati dari tahun 2009 sampai tahun 2017 ini, fitur Multiplayer OFFLINE baik Split-Screen maupun via jaringan LAN semakin jarang didukung oleh para developer game. Rata-rata developer lebih menyukai untuk men-support multiplayer secara ONLINE daripada mengembangkan fitur multiplayer secara OFFLINE

Banyak Developer sengaja membunuh mode Multiplayer OFFLINE
Dua Tahun setelah NFS: SHIFT dirilis, tepatnya tahun 2011, suksesor Need for Speed: Shift yaitu Shift 2 Unleashed dirilis tanpa label Need for Speed namun masih dalam satu naungan publisher yang sama, yaitu Electronic Arts. Sayangnya pada game SHIFT 2 Unleashed ini, fitur multiplayer OFFLINE / LAN dihapus. Dari sini saya merasa bahwa Mode Multiplayer OFFLINE sengaja "dibunuh" agar para pemain beralih bermain multiplayer secara ONLINE.

Kelemahan Multiplayer ONLINE
Sebenarnya saya tidak keberatan bermain game multiplayer secara Online, malah saya merasa lebih senang bermain secara online daripada secara offline. Karena teman bermain di mode online tentunya lebih banyak daripada teman yang dapat diajak bermain secara offline. Namun ada beberapa hal yang membuat saya kadang malas bermain game secara online, diantaranya:
1. SERVER DOWN
    Ini adalah salah satu mimpi buruk setiap gamer. Server mati bisa disebabkan maintenance rutin. Kalo ini sih biasanya gamer sudah tau jadwalnya, namun yang sangat menjengkelkan bila ada maintenance dadakan. Lebih parahnya lagi server mati atau error tanpa terkontrol atau mungkin tidak terurus. Ada pula yang membuat para gamer sakit hati yaitu penutupan server oleh developer / publisher game tersebut, ini adalah seperti kiamat bagi gamer game tersebut.

2. LAG / JARINGAN INTERNET JELEK
    Bagi saya dan orang-orang Indonesia yang tinggal di pelosok desa. Koneksi internet yang stabil dan cepat masih menjadi mimpi yang sampai saat ini masih belum menjadi kenyataan. Jika pun ada, itupun terbatas dan hanya orang-orang tertentu yang bisa menikmatinya. Mungkin hanya orang-orang terdekat dengan salah satu ISP terbesar di negeri ini. Dan harganya pun masih mahal untuk orang yang tinggal dan bekerja di pedesaan.

3. JARINGAN INTERNET MATI / TIDAK ADA JARINGAN INTERNET
    Tidak selamanya koneksi internet hidup. Di desa saya internet pernah mati sampai lebih 1 dari minggu, dan saya yakin di tempat lain bahkan banyak orang masih belum bisa merasakan jaringan internet. Tentu saja hal-hal diatas menjadi kendala yang cukup mengecewakan karena menurut saya, game khususnya genre racing itu akan lebih seru jika dimainkan secara multiplayer. Maka mode multiplayer OFFLINE itu adalah menu yang tidak bisa saya tolak yang selalu saya harapkan pada setiap game yang dirilis.

NFS: Shift ini bukanlah game yang sempurna namun dengan salah satu fitur OFFLINE Multiplayer LAN yang dimilikinya membuatnya selalu mendapat tempat dihati saya dan belum tergantikan oleh game lainnya. Bermain bersama teman lewat sesi multiplayer adalah momen yang menyenangkan. 


Harga NFS: Shift di steam, saat ini cuma Rp 199.999. Jika ingin lebih murah boleh tunggu sampe akhir tahun. Biasanya pada saat pergantian tahun 2017-2018 nanti akan ada event SALE, saat itu biasanya NFS SHIFT akan ditawarkan seharga Rp 49.999 saja. Tertarik?

No comments:

Post a Comment