Wednesday, October 25, 2017

Naksir Platform Soket AM4, Berapa Rupiah Rakit RAM DDR4 + Procie + Mobo?

Prosesor AMD dengan arsitektur Zen berhasil menggoyahkan dominasi intel dalam beberapa tahun terakhir yang menggungguli AMD dengan kehebatan lineup mulai Pentium G, Core i3, i5 sampai Core i7. Adalah procie Ryzen series yang membuat saya kembali tertarik kepada produk AMD ini di kelas menengah keatas.

Dulu saya memilih Pentium G dan Core i3 sebagai batu loncatan sebelum nantinya meng-upgrade ke Core i5. Sedangkan Core i7 buat saya masih terlalu mewah. Sayangnya disaat saya akan mengupgrade Core i3 ke Core i5, AMD malah menggoda saya untuk beralik ke platform AM4.

Namun untuk beralih ke platform dengan socket AM4 yang masih baru ini ternyata saya harus memulai lagi dari nol karena motherboard beda dan RAM beda karena sudah DDR4. Motherboard pun harus beli yang baru karena yang bekas masih sangat jarang. Tidak seperti platform AM3 atau LGA 1155 yang banyak pilihan, baik Mainboard baru yang bergaransi maupun bekas pakai yang harganya murah menggoda.

Kelebihan platform AM4 bagi saya adalah dapat membeli dulu APU Bristol Ridge Series sebelum nanti upgrade ke Ryzen Series. Tidak seperti Platform FM1 / FM2 / FM2+ yang cuma mentok di APU A8 dan A10 series. Ini sangat menarik.

Pilihan CPU AM4A12-9800 @ 3,8 GHz (Turbo 4,2 GHz) TDP 65 W
harga: 1,345jt1,35jt cari: A12
Sepertinya ini pilihan APU terkuat saat ini. Saya terkejut karena harganya cukup murah dibanding pendahulunya yaitu APU A10 Kaveri/Godavari yang harganya mencapai diatas 1,5 juta rupiah. Ini mengingatkan saya ketika APU A8-3870K Llano dirilis. Untuk CPU dengan 4 core + 8 core IGP, TDP nya sudah cukup rendah, cuma 65 Watt. Konon IGP nya setara dengan R7 250 (2GB) yang harganya diatas 800 ribuan. Jadi kira-kira harga CPU nya doang cuma sekitar 500 ribuan. Ini lah sepertinya yang selama ini saya idamkan dari sebuah APU (CPU + GPU on chip).

Kira-kira kalo beli harganya segini:
1.350.000     Procie: A12-9800
   800.000     Mobo AM4
1.000.000     RAM DDR4 (2x4GB)
=======  +
3.150.000


No comments:

Post a Comment