Monday, January 14, 2019

Radeon HD 6550D IGP AMD A8-3870K Windows 10 Software Driver

Baru-baru ini saya mengupgrade OS dari Windows 7 ke Windows 10. Sebenernya bukan upgrade sih tapi install baru. Karena hardisk lama rusak, jadi sekalian ganti hardisk juga ganti OS. Namun ada yang aneh, ketika baru selesai menginstall Windows 10, yaitu resolusi layar cuman mentok di 1024x768. Karena biasanya bila saya install Windows 10 sudah otomatis Windows 10-nya mendeteksi driver VGA-nya. Kecuali VGA Card yang kita gunakan merupakan VGA Card terbaru yang dirilis setelah tanggal rilis Windows 10 (VGA tahun 2015 keatas) biasanya baru minta driver.

AMD APU A8-3870K dirilis pada tahun 2011 jadi saya pikir seharusnya Windows 10 sudah punya drivernya, tapi ternyata tidak. Lebih parahnya lagi ternyata AMD sudah menghentikan support driver untuk IGP Radeon HD 6550D. Jika kita mencari driver pada situs AMD: https://www.amd.com/
untuk IGP Radeon HD 6550D: https://www.amd.com/en/support maka pada halaman hasil pencarian driver berikut tidak akan ditemukan driver untuk Windows 10: https://www.amd.com/en/support/apu/amd-series-processors/amd-a8-series-apu-for-desktops/a8-3870k-radeon-hd-6550d

Untuk Radeon HD 6550D, software driver yang tersedia hanya untuk beberapa OS berikut:
- Windows 8.1 - 32-Bit Edition
- Windows 8.1 - 64-Bit Edition
- Windows 8 - 32-Bit Edition
- Windows 8 - 64-Bit Edition
- Windows 7 - 32-Bit Edition
- Windows 7 - 64-Bit Edition
Windows Vista - 32-Bit Edition
Windows Vista - 64-Bit Edition
Windows XP - Professional/Home
Windows XP Media Center Edition
Windows XP - 64-Bit Edition

Sebelumnya saya mencoba menggunakan software driver: non-whql-64bit-radeon-software-crimson-16.6.1-win10-win8.1-win7-june2.exe yang biasa saya gunakan untuk menginstall driver beberapa Kartu VGA AMD saya. namun ternyata setelah diinstall software tersebut tidak mendukung Radeon HD 6550D.


Akhirnya saya terpaksa menggunakan driver khusus untuk Windows 7: amd-catalyst-15.7.1-with-dotnet45-win7-64bit.exe dengan Compatibility mode: Windows 7. Mudah-mudahan sih kedepannya gak ada masalah kompatibilitas.

No comments:

Post a Comment