Sunday, January 6, 2019

Thermal Paste DEEPCOOL Z9 vs AMD A8-3870 APU BIOS IDLE Temperature

Pada tulisan saya sebelumnya: 
AMD A8-3870 BIOS IDLE Temperature VS Thermal Paste Abal-Abal
Saya merasa kurang puas dengan Thermal Paste merek abal-abal HUTIXI Thermal Grease HT-GY260. Dimana Temperatur atau suhu AMD A8-3870 pada saat IDLE di tampilan BIOS, suhunya berada pada 61 - 62 derajat Celcius. Sementara Temperature System berada pada kisaran 39°C - 40°C.


Saya merasa 62°C pada saat idle adalah suhu yang terlalu panas. Apalagi saat PC digunakan secara intens, mengingat 70°C saja ketika PC bekerja sudah masuk zona merah. Jadi saya pikir harus mencari thermal paste yang agak bagusan.


Berdasarkan sebuah tulisan pada website guru3d.comAMD A8 3870K review - Power Consumption and temps
"Under stress with a cheap heatpipe cooler you are looking at 40 to 50 Degrees C on the APU
Jadi 62°C pada saat idle itu sepertinya gak wajar kalo dibandingkan dengan hasil pengujian guru3d.com. Lha mereka 50°C itu kan saat prosessor bekerja maksimal, sedangkan saya dapet 62°C masih di BIOS alias idle atau tidak digunakan.


Tapi, walau demikian. Ada beberapa faktor juga yang mempengaruhi, selain thermal paste yang digunakan. Seperti suhu udara di Indonesia dan di negara asal reviewer guru3d.com pastinya berpengaruh, saya curiga di sana suhunya negara dan ruangannya lebih rendah (dingin) dari suhu cuaca di Indonesia yang beriklim tropis. Lalu selain itu sepertinya mereka menggunakan heatsink dan fan aftermarket, sedangkan saya masih mengunakan fan/heatsink bawaan dari AMD. Tapi apakah sebegitu buruk kah FAN/HEATSINK original dari AMD? Atau mungkin kipas atau fan-nya memang sudah mulai melemah? Atau mungkin juga pengaruh manajemen casing PC yang airflow atau sirkulasi udaranya kurang bagus? Yo wess saya coba dulu dengan mengganti thermal paste.


Saya memutuskan untuk mencoba merk thermal paste dari produsen DEEPCOOL. Tanpa basa basi saya langsung pilih Deep Cool Z9 Thermal Grease, yaitu varian paling mahal (setau saya). Tapi saya ingin membandingkannya dengan varian termurahnya yaitu Deep Cool Z3 Thermal Grease jadi saya beli dua-duanya aja.

Pada postingan pertama ini saya mencoba dulu pasta Deep Cool Z9 untuk di gunakan pada prosessor AMD A8-3870 APU.


Gambar diatas, adalah prosessor AMD A8-3870 APU setelah saya buka heatsink-nya dan tampak bekas sisa penggunaan thermal paste abal-abal HUTIXI Thermal Grease HT-GY260. Saya menggunakannya ketika itu dengan cara ditempatkan di tengah-tengah prosessor sebesar biji jagung lalu langsung ditimpa heatsink sampe bentuknya menyebar seperti itu.


Setelah itu saya bersihkan sisa penggunaan thermal paste lama, seperti gambar diatas ini. Sehingga tidak ada lagi sisa-sisa kotoran bekas pasta yang lama. Kali ini saya mencoba menggunakan thermal paste secara merata ke seluruh bagian CPU, seperti gambar dibawah ini:


Setelah itu saya langsung pasang heatsink dan kipasnya. Dan tidak sabar langsung tes nyala untuk segera melihat hasilnya. Saya terkejut karena hasilnya ternyata diluar perkiraan saya. Apa saya salah dalam menggunakan thermal paste tersebut? Kaget karena suhunya malah lebih panas daripada ketika menggunakan thermal paste abal-abal HUTIXI Thermal Grease HT-GY260. Gila CPU Temperaturenya 69° Celcius dan itu saat idle di BIOS guys! Padahal pake pasta abal-abal lama aja cuman 62°C suhunya.


Ternyata eh ternyata saya lupa memasangkan kabel untuk sumber power si kipas (fan), sehingga kipas tidak berputar untuk mendinginkan heatsink. Setelah saya colokkan kabel, hasilnya adalah sebagai berikut:


Suhu/Temperatur idle AMD A8-3870 APU kini setelah menggunakan Thermal Paste DEEP COOL Z9 menjadi sekitar 55 - 56°C. Sedangkan System temperature-nya bernilai 37°C.

Jika dibandingkan dengan saat menggunakan thermal paste abal-abal HUTIXI Thermal Grease HT-GY260 yang suhunya 61°C - 62° Celcius. Penggunaan Thermal Paste DEEPCOOL Z9 ini cuma menurunkan temperatur sekitar 6°C saja. Saya sih berharapnya bisa sampe lebih dari 10°C turunnya.

Sementara Temperature System turun dari 40°C ke 37°C cuma 3°C, sepertinya tidak terlalu berasa.

Mungkin pada kesempatan yang lain saya akan coba cara lain dalam menggunakan thermal paste ini. Saya merasa masih belum ahli dalam menggunakan thermal paste, jadi mungkin harus coba-coba bereksperimen lagi.


SUMBER GAMBAR:
https://www.guru3d.com/miraserver/images/2012/amd-3870/Image6.png

No comments:

Post a Comment