Monday, January 28, 2019

Thermal Paste DEEPCOOL Z9 vs AMD A8-5600K APU BIOS IDLE Temperature

Pada tulisan saya sebelumnya:
AMD A8-5600K BIOS IDLE Temperature VS Thermal Paste Abal-Abal
Saya merasa kurang puas dengan Thermal Paste merek abal-abal HUTIXI Thermal Grease HT-GY260. Dimana Temperatur atau suhu AMD A8-5600K pada saat IDLE di tampilan BIOS, suhunya berada pada 56°C - 57°C. Sementara Temperature System berada pada kisaran 46°C.


Saya merasa 57°C pada saat idle adalah suhu yang cukup panas. Apalagi saat PC digunakan secara intens, mengingat 70°C saja ketika PC bekerja sudah masuk zona merah. Jadi saya pikir harus mencari thermal paste yang agak bagusan.


Saya memutuskan untuk mencoba merk thermal paste DEEPCOOL. Tanpa basa basi saya langsung pilih Deep Cool Z9 Thermal Grease, yaitu varian paling mahal (setau saya). Tapi saya ingin membandingkannya dengan varian termurahnya yaitu Deep Cool Z3 Thermal Grease jadi saya beli dua-duanya aja.


Pada postingan pertama ini saya mencoba dulu pasta Deep Cool Z9 untuk di gunakan pada prosessor AMD A8-5600K APU.


Gambar diatas, adalah prosessor AMD A8-5600K APU setelah saya buka heatsink-nya dan tampak bekas sisa penggunaan thermal paste abal-abal HUTIXI Thermal Grease HT-GY260. Saya menggunakannya ketika itu dengan cara ditempatkan di tengah-tengah prosessor sebesar biji jagung lalu langsung ditimpa heatsink sampe bentuknya menyebar seperti itu.


Setelah saya bersihkan sisa penggunaan thermal paste lama. Kali ini saya mencoba menggunakan thermal paste sebesar biji jagung di tengah punggung prosessor, seperti gambar diatas. Karena sebelumnya saya sudah coba menggunakan thermal paste Z9 ini secara merata ke seluruh bagian CPU, saat saya menggunakannya pada procie AMD A8-3870 APU. yang dapat dilihat di postingan saya sebelumnya yang berjudul:
Thermal Paste DEEPCOOL Z9 vs AMD A8-3870 APU BIOS IDLE Temperature
Setelah itu saya langsung tindih dengan heatsink dan kipasnya. Kemudian langsung tes nyala untuk segera melihat hasilnya:


Setelah saya nyalakan beberapa menit, mungkin sekitar 15 menitan:
Temperatur CPU berada pada nilai 51°C sedangkan Temperatur MB nilainya 41°C.
Temperatur CPU turun sebesar 5°C menjadi 51°C dari sebelumnya 56°C saat masih menggunakan pasta HUTIXI Thermal Grease HT-GY260. Ah tenyata cuma segitu perbedaannya yah!

2 comments:

  1. Antara keduanya yg abal2 atau apa??

    Ah man , lu bikin gw deg deg an aja , barusan sy baru beli tuh pasta hutixi di Jaya plaza bdg 15rb an,, berasa ketipu, 😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. HUTIXI Thermal Grease HT-GY260 untuk procie intel Core i3 sama Pentium G masih oke lah. Tapi kalo untuk Core i5 keatas mending pake yang bagusan, untuk AMD juga sebaiknya jangan pake HUTIXI, supaya awet Prosesornya gitu.

      Delete