Tuesday, January 8, 2019

Beliin istri HP lagi 2018-2019

Sudah terbiasa pada zaman now, melihat istri lebih sering bermain-main dengan ponsel. Maklum lah penghasilan suaminya yang pas-pasan ini, membuat sang istri harus lebih kreatif dalam mengelola keuangan rumah tangga. Salah satunya adalah memutarkan uang untuk berjualan online. Cara ini mungkin lebih masuk akal daripada harus menjadi TKW dan meninggalkan suami dan anaknya di rumah.
Dulu istri saya adalah pemakai smartphone buatan ADVAN. Kalo tidak salah tipenya adalah Advan Barca S4X. Sayangnya di website resmi advan tidak ada informasinya. Saya kecewa dengan Advan karena banyak produk yang diskontinu yang info produknya dihapus dari halaman websitenya. Payah! Buat saya Advan ini sepertinya tidak mau mengakui atau malu untuk mengakui hasil produksinya sendiri. Seinget saya spesifikasinya RAM 1 GB, lalu kamera depan dan belakang dua-duanya 5 MP, dan baterainya kecil 1500 mAH kalo gak salah. Sepertinya mirip dengan produk yang ada di situs jual beli bukalapak ini: 



Karena baterainya kecil, dan semakin sering digunakan semakin payahlah daya tahan baterainya. Bahkan udah sampe 3x beli baterai, maklum lah baterai aftermarket biasanya kualitasnya jelek dan gak setahan seperti baterai original. Kadang saya merasa risih ketika melihat istri menggunakan handphone sambil nge-cas. Saya khawatir gimana bila kesetrum ato baterainya meledak, kadang sampe suka saya marahi.



Setahun yang lalu, tepatnya pada 10 Januari 2018. Saya membelikan istri saya ponsel baru SONY XPERIA Z4 COMPACT DOCOMO. Tadinya sih mau beli XIAOMI REDMI 5A, tapi apa daya FLASH SALE LAZADA gagal terus gak dapet-dapet, padahal harganya lumayan murah cuma Rp 999 ribuan aja. Akhirnya berjodoh dengan so Z4 Compact Docomo. Saya memilih smartphone ini karena harganya murah tapi speknya sangar seperti RAM nya 2 GB yang ternyata ngibul padahal cuma 1,5 GB aja. Lalu batrainya katanya irit 2600 mAh dan prosesornya itu CPU nya 2,5 GHz Krait 400 Quad Core (4 Core). Waktu itu saya beli harganya 960 ribu eh gak nyangka sekarang harganya cuma 600 ribuan dalam waktu cuma 1 tahun.

Bulan pertama bersama smartphone XPERIA Z4 COMPACT DOCOMO / A4 SO-04G ini mantap ketika digunakan, saya dan istri sangat puas. Hingga suatu ketika salah satu tombol navigasi tidak bisa digunakan. Yaitu tombol BACK. Saya kecewa kepada istri saya karena dia tidak bisa menjaga hp tersebut dengan baik. Namun saya tidak kehilangan akal dan mencoba mengunduh beberapa aplikasi navigasi. Salah satu yang menjadi favorit saya adalah APPS bernama Pie Control.



Akhirnya sementara saya memberikan hp saya SAMSUNG J1 ACE kepada istri saya untuk dia pergunakan. Sayangnya si J1 ACE ini RAM nya kecil, cuma 1 GB. Dan istri saya terpaksa hanya bisa menggunakan lebih sedikit APPS dan aplikasi yang tidak boros memori. Contohnya pake Facebook versi Lite (Facebook Lite), Messenger Lite, browser lite macam UC Mini dan sebagainya, bahkan BBM mah udah gak pernah pake lagi. Pertama kali menggunakan apps versi lite, istri saya terlihat kesulitan, mungkin karena terbiasa pake versi bagus/mewah sekarang pake versi irit. Tapi lama-kelamaan dia sudah mulai terbiasa. Terbiasa nge-hang, loading lama, crash, dan kebiasaan lama kembali: main hp sambil ngecas.

Samsung Galaxy J1 Ace

Beberapa bulan saya tukeran HP sama istri.Semakin lama sensor touchscreen  Z4 COMPACT DOCOMO ini semakin parah. Sekitar bulan Desember 2018 Z4 Compact terkunci dan tidak bisa dibuka karena touchscreen nya itu error jadi gak bisa dibuka. Akhirnya saya coba factory reset namun karena ada area-area yang tidak bisa disentuh membuat Smartphone ini sudah tidak bisa digunakan lagi.
Xiaomi Redmi 2
Awal tahun saya dapet rezeki. Kapok beli murahan kayak Sony Docomo. Sebelumnya, pada bulan Oktober 2018 saya juga sempat membeli smartphone XIAOMI REDMI 2 yang harganya 650 ribu, namun lagi-lagi ini merupakan pembelian yang gagal. Maklum mungkin karena kedua hape tersebut adalah HP Refurbished. Saja jadi merasa tidak percaya lagi terhadapa kualitas barang refurbished, terutama smartphone. Sepertihalnya Sony Docomo Z4/A4, si Redmi 2 ini juga masalahnya ada di touchscreen nya. Dimana dua baris area atas touch screen sering tidak bisa disentuh. Untungnya di Redmi 2 membuka bar notifikasi tidak perlu menyentuh tepat di atas area tersebut, bahkan di tarik kebawah dari tengah layar pun bisa. Yang paling mengganggu dari Redmi 2 ini, penyakitnya kalo lagi kumat ya itu suka kayak mencet-mencet klik sendiri tanpa kita sentuh, sepertinya sensor touchscreen nya memang bermasalah.



Akhirnya saya kembali memberikan kepercayaan saya lagi pada SAMSUNG mengingat J1 Ace saya yang tidak pernah mengalami masalah serius, kecuali masalah memory nya yg kecil itu. Akhirnya saya beli J2 Prime untuk istri saya karena RAM nya sedikit lebih besar (1,5 GB), lumayan lah supaya applikasi jadi lebih lancar. Selain itu SAMSUNG garansinya lebih terjamin, jadi selama 1 tahun kedepan saya merasa aman.
Dan untuk saya sendiri, saya beli J2 Core. Saya penasaran ingin mencoba OS Android 8.1 Oreo (Go edition) yang katanya dioptimasi untuk smartphone low-end supaya kinerjanya mantap walaupun RAM nya cuma 1 GB.

Sebenernya saya ingin beliin istri HP yang lebih canggih, baterainya besar, dan RAM nya minimal 2 GB. Tapi sampai saat ini cita-cita saya itu masih belum terwujud. Ada beberapa smartphone yang menarik saya untuk membelinya, beberapa diantaranya dari Samsung, Oppo, Xiaomi, sampai Evercoss:



Sumber Gambar:
https://s2.bukalapak.com/img/273396291/w-1000/advan%20barca%20s4x.jpg
https://s2.bukalapak.com/img/2573015603/w-1000/IMG_20180815_214454_HDR.jpg.webp
https://s1.bukalapak.com/img/1424015603/w-300/IMG_20180815_214459_HDR.jpg.webp 
https://s4.bukalapak.com/img/4836273934/w-1000/SONY_XPERIA_Z4_COMPACT_DOCOMO__A4_SO_04G_MULUS_ORIGINAL_BEKA.jpg.webp 
https://lh3.googleusercontent.com/AB-0pRyS1KpZLZoXzG-YvTXmRwqxTPezTwth72OQ5zfAJ3RMlTA3o32HpdVBJCHOvlo=w1360-h646-rw 
https://s2.bukalapak.com/img/770509312/w-1000/Samsung%20Galaxy%20J1%20Ace%20%284.3%20inches%29.jpg 
https://cf.shopee.co.id/file/ade55d0c8fb8162af99d16b55f733345 
https://cf.shopee.co.id/file/e801b8c8a79fd70268e6f802e9be9702 
https://gd.image-gmkt.com/SAMSUNG-MOBILE-SAMSUNG-GALAXY-J2-PRIME-GARANSI-RESMI-1-TAHUN-SEIN-FAST-SHIPPING/li/311/665/784665311.g_400-w_g.jpg 

No comments:

Post a Comment