Monday, January 7, 2019

AMD A8-3870 APU vs CAM : Free PC Monitoring Software

Saya sering menggunakan sofware bernama CAM : Free PC Monitoring Software untuk mengetes dan memantau kinerja dan temperatur prosessor dan VGA Card. Namun ada sesuatu yang janggal ketika mengunakan software ini ketika digunakan untuk memonitor salah satu procie AMD yaitu APU A8-3870 atau kadang ada yang menyebutnya A8-3870K.


Kejanggalan itu muncul ketika membaca TEMP atau suhu, baik CPU maupun GPU. Yang mana disana tertera suhu CPU hanya sekitar 10°C saja padahal setahu saya suhu normal CPU saat idle itu sekitar 25°C - 40°C dan suhu maksimum load normalnya 75°C.


Masa sih ada procie bisa dingin banget sampe cuman 7° Celcius. Bener-bener gak masuk akal. Begitu pula Temperatur GPU cuma 8°C. Bahkan value minimalnya itu 6° C. Gila gak masuk akal, dingin banget donk?


Awalnya saya mengira ini mungkin disebabkan karena versi dari software CAM nya sudah outdated (versi 3.5.20). Akhirnya saya mencoba mengunduh versi terbaru sofware tersebut dari website resminya: camwebapp.com


Akhirnya saya mendapatkan versi terbaru CAM Version: 3.7.4 yang saya unduh pada tanggal 07 Januari 2019. Namun setelah saya install, ternyata hasilnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya.


Nilai TEMP CPU minimal masih berada di angka aneh 9°C dan maximal 25°C sedangkan untuk GPU onboard/onchip AMD Radeon HD 6550D nilai TEMP nya 8°C sampai maksimum 27°C.


Akhirnya saya hanya bisa menyimpulkan bahwa software CAM : Free PC Monitoring Software tidak mendukung atau tidak compatible dengan prosesor AMD A8-3870 APU. Jika dilihat dari antarmuka BIOS seperti pada tulisan saya sebelumnya:
Thermal Paste DEEPCOOL Z9 vs AMD A8-3870 APU BIOS IDLE Temperature
Maka seharusnya nilai TEMP yang di tampilkan tidak jauh dari 55°C atau 56°C bahkan seharusnya lebih dari 56°C. Karena saat masuk OS, prosessor sudah mendapatkan sedikit beban walaupun tidak digunakan untuk membuka software aplikasi atau game, tidak seperti pada BIOS.


Tapi ada satu software yang membuat saya penasaran yaitu CPUID Hardware Monitor yang katanya sih bisa menampilkan nilai temperatur yang lebih akurat. Saya melihat dari salah satu reviewer dari situs guru3d.com.


Jika dilihat dari hasil screenshot atau tangkapan layarnya. Sepertinya software ini bisa membaca suhu procie AMD A8-3870 APU ini dengan lebih akurat.

Selanjutnya mari kita lihat temperaturnya ketika AMD A8-3870 APU ini digunakan sambil bermain game, di tulisan saya berikut ini:
CAM ROS (Rules of Survival) vs A8-3870 in Game Test

No comments:

Post a Comment