Thursday, September 14, 2017

Orang kafir kalau dia sedekah langsung dibalas Allah di dunia


"Orang Islam, orang kafir, sama-sama dapat rezeki. Bedanya orang kafir itu langsung dibalas Allah di dunia. Supaya apa? Di akherat tinggal masuk neraka."

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Dulu ada satu pertanyaan yang sulit untuk saya perkirakan jawabannya, yaitu: bagaimana jika orang non-muslim tapi melakukan kebaikan, seperti bersedekah, berbuat adil, dan sebagainya. Apakah mereka juga akan masuk surga seperti halnya orang-orang Islam atau masuk neraka?

Opsi pertama kelihatannya cukup adil, bahwa Orang kafir akan masuk surga asal berbuat kebaikan walaupun tidak beriman. Tapi jika kita membaca beberapa ayat dalam Al-Quran, ada beberapa ayat yang mematahkan jawaban ini, bahwa orang non-muslim atau kafir justru akan masuk neraka. Misalnya pada surah Al-Bayyinah Ayat 6.

"Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk."
Al-Bayyinah [98:6]
Opsi kedua (orang kafir akan masuk neraka walau berbuat kebaikan) sepertinya terlihat kurang adil, tapi setelah mendengarkan ceramah Ustad Abdul Somad memberi pencerahan yang masuk akal dalam menjawab pernyataan ini. Berikut ini saya kutip isi ceramahnya:
Orang kafir kalau dia sedekah langsung dibalas Allah di dunia. Makanya banyak orang-orang kafir rajin sedekah ke panti asuhan, kenapa? Begitu dia sedekah,
ceritanya, "eh ko, lu kok selalu sedekah di panti asuhan?"
jawabnya, "aaaa, sedekah sama orang Islam lebih hoki laa.."
kata dia sedekah sama orang Islam lebih hoki. Setelah dia sedekah bulan ini satu karung, rejekinya naik dan mereka yakin. Banyak mereka yang sedekah di panti asuhan orang Islam. Jawabanya ada di fiqih sunah bab waqaf: orang Islam, orang kafir, sama-sama dapat rezeki. Bedanya orang kafir itu langsung dibalas Allah di dunia. Supaya apa? Di akherat tinggal masuk neraka.
Sebagai penutup mari kita renungkan ayat-ayat berikut ini:

“Barangsiapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya kami berikan kepada mereka balasan amal perbuatan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Merekalah orang-orang yang di akhirat (kelak) tidak akan memperoleh (balasan) kecuali neraka dan lenyaplah apa (amal kebaikan) yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka lakukan”
Huud [11:15-16]


"Dan tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah melapangkan rezki dan menyempitkannya bagi siapa yang dikehendaki-Nya? Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang beriman." 
Az-Zumar [39:52]

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=j9um_WEyk1I



No comments:

Post a Comment