Wednesday, August 3, 2016

Menghilangkan Garis Border Abu-Abu (Gridlines) Pada Google Docs Sheets (Spreadsheets) saat dicetak (Print)


Sudah beberapa tahun saya menggunakan Google Docs/Google Sheets untuk membuat beberapa file Dokumen/Spreadsheets untuk menggantikan Microsoft Excel yang sudah lama saya gunakan ketika masih sekolah/kuliah. Alasannya untuk membiasakan diri menggunakan software-software alternatif yang legal, mengingat rata-rata pengguna Microsoft Office Excel di Indonesia sebagian besar masih menggunakan software ilegal alias bajakan. Beberapa waktu yang lalu saya mencoba mencetak file dari Google Sheets secara langsung. Sayangnya hasil cetakan pada kertas tidak sesuai harapan. Grid-grid atau sel-sel kosong yang tidak diberi garis/border pun ternyata secara default ikut tercetak dan memiliki border berwarna abu-abu. 

ketika di-print garis Abu-Abu ikut tercetak

Maklum saya mantan pengguna Excel , hehehe karena biasanya pada Microsoft Excel ketika mencetak maka secara default sel-sel yang tidak diberi border tidak akan memiliki garis-garis ketika dicetak dengan printer. Pada awalnya penulis mengakali hal ini dengan cara membuat border berwarna putih pada sel/kolom/baris yang tak diinginkan, namun cara tersebut tersebut terlalu kuno dan lama-kelamaan membuat risih/ribet. 

Membuat border putih = cara kuno
Setelah, berekplorasi mengamati fungsi dan fitur-fitur yang terdapat pada Google Sheets, ternyata ada cara agar garis-garis "gridlines" terebut tidak ikut tercetak:

Setelah mengklik menu PRINT atau pada icon bergambar PRINTER (CTRL+P)
jangan lupa, pada jendela Print settings: cek/centang pada opsi No gridlines

sekarang garis abu-abu tidak ikut dicetak

No comments:

Post a Comment