Saturday, December 22, 2018

Pengalaman Menggunakan SONY XPERIA Z4 COMPACT DOCOMO Selama Setahun

Melajutkan tulisan saya sebelumnya: Pengalaman Beli SONY XPERIA Z4 COMPACT DOCOMO / A4 SO-04G kali ini saya akan ceritakan manis dan pahit-nya selama menggunakan hp ini selama setahun, dari bulan Januari 2018 sampa bulan Desember 2018.


Kesan Pertama:
Pertama kali unboxing HP ini cuman batangan, tapi fisiknya mulus. Ketika saya hidupkan baterainya tinggal dikit lagi, lalu saya cas dulu pake casan hp merek lain. Karena ponsel batangan tanpa buku petunjuk (manual book) saya kebingungan bagaimana caranya memasukan sim card. Akhirnya saya minta bantuan penjaga konter pulsa sambil membeli kartu perdana khusus sekalian.

SONY EXPERIA A4 COMPACT
Setelah saya baca-baca dari internet ternyata ponsel ini bukan lah SONY XPERIA Z4 COMPACT melainkan SONY A4 COMPACT (SO-04G). Konon mitosnya SONY A4 COMPACT ini adalah versi Jepang-nya Z4 COMPACT yang akan dirilis global. Faktanya SONY XPERIA Z4 COMPACT tidak pernah dirilis atau dibatalkan entah kenapa.

RAM 2 GB? Ternyata 1 cuma 1,5 GB
Konon ponsel ini memiliki RAM 2GB tapi setelah saya cek pake CPU-Z ternyata cuma 1,5GB saja. Saya sedikit kecewa. Tapi performa mulus dari hp ini membuat saya puas terutama ketika multi-tasking membuka banyak apps dalam waktu bersamaan.

Kamera
Kamera belakang 20,7MP tapi buat saya kualitas gambarnya biasa saja dan tidak terlalu membuat saya terkesan. Apalagi ketika digunakan mengambil gambar di tempat gelap atau kurang cahaya. LED Flash juga gak terlalu banyak membantu. Tapi oke lah gak buruk-buruk amat. Sedangkan kamera depan walau 2.2MP tapi menurut saya cukup bagus kualitas gambarnya.

Kaca Pelindung Kamera Belakang
Yang membuat saya kecewa adalah kaca pelindung kamera belakang setelah beberapa lama digunakan oleh istri dan anak saya kok mudah kotor dan meninggalkan bekas goresan. Awalnya saya mengira cuma kotoran tapi setelah saya bersihkan ternyata ada goresan permanen. Ini menyebabkan kualitas gambar dari kamera belakang kurang bagus, karena cahaya yang masuk ke lensa kamera jadi sedikit terganggu, khususnya pada beberapa suasana atau scene pemotretan tertentu yang melibatkan objek sumber cahaya seperti banyak lampu dan semacamnya.

Saya dan istri puas dengan SONY XPERIA Z4 COMPACT DOCOMO ini ketika digunakan sekitar 1-2 bulanan setelah itu banyak mimpi buruk terjadi yang akan saya ceritakan pada tulisan saya selanjutnya:
- Masalah ROM 16GB SONY XPERIA Z4 COMPACT DOCOMO
- Masalah Layar Touchscreen SONY XPERIA Z4 COMPACT DOCOMO
- Masalah Jaringan Indosat vs SONY XPERIA Z4 COMPACT DOCOMO
- Masalah Sinyal Data LTE - 3G - H SONY XPERIA Z4 COMPACT DOCOMO
- Masalah Tethering HOTSPOT vs DATA SONY XPERIA Z4 COMPACT DOCOMO

Sumber Gambar:
https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/600/attachment/2018/12/7/imagec0a710b1-4fa0-48d6-856c-b7d192219abc/imagec0a710b1-4fa0-48d6-856c-b7d192219abc_56ea52c0-9a51-4dc8-a4cb-58daf5d60db4.jpg

No comments:

Post a Comment