Wednesday, April 12, 2017

Analisis Lembar Jawaban UAS/UTS Siswa Sebagai Feedback untuk Pengembangan RPP Pembelajaran Bahasa Inggris SD

     Dalam mengembangkan metode pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Guru membutuhkan feedback atau umpan balik atau laporan mengenai sejauh mana progress peserta didik yang telah mendapatkan pengalaman belajar. Apakah metode tersebut sudah cukup efektif, masih butuh penyempurnaan, atau masih banyak hal yang perlu dibenahi?

Waktu yang Mepet VS Materi yang Banyak
Saat ini saya sedang mengembangkan METODE RE-WRITING atau TULIS-ULANG dengan fokus atau berorientasi pada Soal-Soal UTS/UAS. Menurut pengalaman saya dalam mengembangkan metode ini, salah satu kendala yang saya hadapi adalah waktu yang sangat sedikit. Sehingga saya atau guru-guru lain yang mungkin sama-sama mengembangkan RPP dengan orientasi pada soal-soal UAS ini mengalami kesulitan untuk mengejar target.

     Ideal nya, guru dapat membahas semua materi tepat sebelum UTS/UAS berikutnya dilaksanakan. Namun ternyata karena materi yang terlalu banyak memaksa kami untuk tidak menyampaikan seluruh materi tersebut 100% sesuai yang diharapkan. Karena orientasi pada RPP ini berfokus pada soal-soal UTS/UAS dimana ada sekitar 35 sampai 40 soal yang harus kami bahas dalam waktu kurang dari 3 bulan saja. Misalkan jam belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris ini di kelas hanya satu kali pertemuan per minggu dan hari masuk sekolah dikurangi hari-hari libur hanya 2 bulan saja per setengah semester. Untuk mempermudah saya membulatkan 2 bulan tersebut kedalam 9 minggu, karena satu bulan hanya 4 minggu lebih beberapa hari saja. Sehingga dalam waktu 9x pertemuan kami harus sudah bisa membahas 40 soal atau sekitar 5 soal per pertemuan atau per kegiatan pembelajaran. Dan menurut saya ini terlalu sulit untuk dilakukan. Karena sejauh pengalaman saya mengembangkan metode ini, kami hanya mampu membahas sekitar 1 sampai 3 soal saja per kegiatan belajar per minggunya. Itu pun plus sebagian materi yang terpaksa harus dijadikan PR atau Pekerjaan Rumah.

Solusi: Menyeleksi Sebagian Soal
Untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, sementara ini saya memilih untuk menyeleksi sebagian soal-soal UTS/UAS yang mayoritas belum dipahami atau dikuasai oleh siswa. Berdasarkan data-data nilai UTS/UAS siswa, paling tidak rata-rata siswa dapat menjawab 50% dari semua soal-soal UTS/UAS. Sehingga yang perlu dibahas kemudian adalah 50% lagi dari soal-soal yang rata-rata tidak dapat dijawab dengan benar oleh siswa. Sehingga beban jumlah soal yang harus dibahas per minggunya menjadi 3 soal saja.


Berikut ini contoh/sample data nilai UTS siswa:




Link: https://docs.google.com/spreadsheets/d/1yPxEBsqaQpYbLQTH3dEBITdz564ERc4l5lwV18bC5Vw/pubhtml

Download: https://docs.google.com/spreadsheets/d/1yPxEBsqaQpYbLQTH3dEBITdz564ERc4l5lwV18bC5Vw/pub?output=xlsx

Berdasarkan data tersebut diatas, pada minggu pertama setelah UTS saya merancang RPP untuk pertemuan pertama berdasarkan Soal UTS Nomor 7. Saya menggunakan Metode RE-WRITING (Tulis Ulang) dan Metode MATCHING WORD BY WORD (Menjodohkan Kata per Kata) dalam merancang RPP ini.


No comments:

Post a Comment