Wednesday, March 27, 2019

"GameDownload_PUBG_MOBILE_100103_1.0.5727.123.exe" susah di-download

Beberapa minggu kebelakang saya merasa emulator official PUBG Mobile untuk PC yaitu Tencent Gaming Buddy kurang bekerja secara optimal. Mungkin sejak update versi 0.11.0 yang ada zombie-nya Resident Evil 2 itu, performa PUBG Mobile ketika dijalankan di Emulator ini terasa patah-patah atau nge-lag gitu.

Selain performa, gangguan lain terasa pada app Google Play Games yang sulit dibuka. Begitu juga beberapa game yang terhubung dengan Google Play Games yang menjadi error gak bisa jalan atau susah log-in.

Begitu pula dengan Google Play Store yang menjadi error dan tidak bisa mengunduh game atau aplikasi yang ada disana. Beberapa game atau aplikasi kadang juga error terutama game online atau game offline yang kadang membutuhkan koneksi internet untuk menyimpan cloud-save atau sekedar melakukan sinkronisasi akun.

Download dan Install Ulang
Akhirnya saya putuskan untuk uninstall, redownload, dan reinstall, karena sudah tidak punya jurus ampuh lagi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pertama-tama saya buka browser Chrome saya, lalu saya masukan kata kunci "tencent gaming buddy" dan dari hasil pencarian google di dua teratas terdapat dua situs yang saya kira merupakan situs resmi emulator Tencent Gaming Buddy ini, yaitu: tgb.qq.com dan syzs.qq.com.

Pada situs tgb.qq.com terdapat dua pilihan dimana kita akan memilih diantara versi Public beta
atau versi Vietnam.

Sedangkan pada situs kedua, syzs.qq.com kita akan mengunduh versi International.
Entah apa perbedaan ketiga versi tersebut, mungkin terkaan saya untuk versi Vietnam mungkin cuma masalah bahasa dan server mungkin ada server PUBG Mobile khusus negara tersebut. Sedangkan antara versi Public beta dan International gak tau perbedaannya, yang jelas bila kita mendownload semua versi-nya maka akan ada tiga file executable yang berbeda file size dan file name-nya:
International: "GameDownload_PUBG_MOBILE_hw-yn-Google-cj_100495_1.0.7285.123.exe"
Public beta: "GameDownload_PUBG_MOBILE_100103_1.0.5727.123.exe"
Vietnam: "GameDownload_PUBG_MOBILE_VNG_100499_1.0.7259.123.exe"
Ketiganya berukuran 9MB saja dan ketika dijalankan akan mendownload file-file yang dibutuhkan saat proses instalasi software emulator Tencent Gaming Buddy ini.

Pertama-tama saya putuskan untuk memilih versi Public beta karena perasaan saya dulu pernah mendownload yang versi international, yang sekarang telah saya uninstall. Saya cuma pengen tahu saja apa perbedaannya.

Namun saat proses mengunduh, ternyata file: "GameDownload_PUBG_MOBILE_100103_1.0.5727.123.exe" sulit untuk diunduh karena speednya lambat. Saya kira mungkin karena server developernya yang berasal dari China. Karena sepengalaman saya koneksi internet saya kurang begitu bagus ketika mengakses ke server-server yang berasal dari negara tersebut. Kadang-kadang download 0 KB/s, bahkan kadang download gagal, tapi untungnya dapat di-resume. Untuk yang mau download saya sarankan coba download yang versi International saja bila versi Public beta terasa lambat ketika didownload.

No comments:

Post a Comment