Friday, April 19, 2019

Al Quran Online (Web Site / Situs Web)

Sebagai muslim ada kalanya kita ingin mencari referensi dari kitab suci Al-Quran. Saya mencoba mencari web site Al Quran Online yang bagus untuk dijadikan referensi. Mengunakan mesin pencari GOOGLE saya memulai dengan memasukkan kata kunci "quran" link: https://www.google.com/search?q=quran

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Ditemukan sekitar 190.000.000 hasil (0,39 detik). Urutan paling atas merujuk kepada aplikasi Al Quran Indonesia di Google Play Store. Mungkin ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut merupakan media quran paling populer saat ini.

Karena saya sedang mencari quran untuk plaform PC maka saya lewatkan dulu aplikasi berbasis android tersebut. Saya berharap mendapatkan situs web Al-Quran Online yang kurang lebih sama lengkapnya dengan fitur-fitur yang ada pada aplikasi populer Al Quran Indonesia tersebut diatas.

Di urutan nomor dua ada litequran.net. Tampilan homepage-nya sangat sederhana. Huruf-huruf hijaiyah-nya sangat jelas karena cukup besar seperti tulisan "bismillāhir-raḥmānir-raḥīm" diatas. Mungkin sesuai dengan nama situsnya yaitu "litequran.net" jadi inilah memang media Al Qur'an yang sederhana, tidak banyak fitur. Hanya teks Arabiyah, transliterasi Arab-Latin, dan terjemahan atau tafsir sederhananya. Saya cukup terkesan dengan web-site yang sederhana ini karena bisa cukup poluler dimana pengembang lain malah sebaliknya berlomba membuat media Qur'an yang memiliki banyak feature. Kesederhanaan pun ternyata bisa punya daya jual yang cukup.

Urutan tiga dipegang oleh THE NOBLE QUR'AN. Saya sudah lama sering mendapatkan rujukan percarian google ke situs ini. Link-nya: https://quran.com/. Secara default situs ini berbahasa Inggris namun ada opsi untuk memilih Translations ke berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.


No comments:

Post a Comment