Thursday, June 27, 2019

Buat icon Free Fire di iconverticons Tencent Gaming Buddy Emulator

Beberapa hari yang lalu saya menulis tentang Cara buat shortcut FREE FIRE Tencent Gaming Buddy di Desktop. Kali ini saya akan merubah icon dari versi default Emulator tersebut menjadi icon bergambar Free Fire, seperti icon pada OS Android.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Pertama-tama saya cari dulu sumber gambar untuk icon Free Fire. Saya menemukan gambar icon Free Fire di url berikut ini:
https://data.apkshub.com/99/com.dts.freefireth/1.34.0/icon.png

Setelah saya menemukan gambar kemudian saya save gambar tersebut pada hardisk di PC saya, kemudian kita buka situs ICONVERT ICONS di link dibawah ini:
https://iconverticons.com/online/

Lalu klik pada teks click to browse untuk mengupload gambar icon yang telah kita save tadi, tunggu sampai proses uploading selesai:


Apabila file gambar icon FF tersebut telah selesai ter-upload dan telah dikonversi maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:


Selanjutnya kita tinggal mengunduhnya dengan klik tombol bertuliskan teks ICO lalu simpan di sebuah lokasi di hardisk PC kamu.

Sayangnya ketika saya mencoba mengunduh file ico tersebut, sepertinya file yang saya unduh tidak bisa saya gunakan sebagai icon. Saya berasumsi bahwa server ICONVERT ICON kali ini sedang error kali yah? Kemudian saya ulangi proses diatas sekali lagi dan akhirnya berhasil sukses, icon bershasil dibuat.

Link berikut adalah hasil konversi icon yang sudah saya lakukan:
https://iconverticons.com/icons/2877d69aeb42ca47/
Setelah file icon berhasil dibuat, kini tinggal merubah gambar icon shortcut Free Fire/Tencent Gaming Buddy. Caranya tinggal klik-kanan pada gambar icon shortcut tersebut lalu pilih menu Properties seperti dibawah ini:


Setelah muncul jendela Properties seperti dibawah ini, klik pada tombol Change Icon:


Setelah itu akan muncul jendela Change Icon seperti dibawah ini:


Lalu klik tombol Browse... dan pilih file icon yang sudah kita unduh dari situs ICONVERT ICON tadi, untuk digunakan sebagai gambar icon:


Setelah itu tinggal Klik OK


Dan klik OK lagi, sehingga nanti hasilnya di desktop seperti di bawah ini:


Namun saya kurang sreg dengan tampilan tanda panah shortcut dan tanda perisai. Jadi terlihat tidak rapi. Tidak seperti tampilan di sistem android seperti di bawah ini:


Jadi saya buat sebuah folder pada desktop yang bernama FREE FIRE lalu saya ubah icon folder tersebut menjadi bergambar icon FREE FIRE, hasilnya seperti dibawah ini:


Folder FREE FIRE pada kanan gambar terlihat lebih bagus dan rapi dibandingkan Shortcut FREE FIRE pada kiri gambar yang kurang bagus karena tertutupi tanda panah shortcut dan tanda perisai. Ada trik lain agar icon shortcut game terlihat lebih bagus tanpa dibikin menjadi sebuah folder, saya akan bahas di lain waktu.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

No comments:

Post a Comment